Pilih Mana, Bisnis Afiliasi Lokal atau Luar Negeri?

Pilih Mana, Bisnis Afiliasi Lokal atau Luar Negeri?

Pilih Mana, Bisnis Afiliasi Lokal atau Luar Negeri? Saat Anda terjun ke dunia bisnis Afiliasi, Anda akan dihadapkan pada banyaknya pilihan situs. Selain situs dari di dalam negeri, rupanya penawaran situs dari luar negeri pun menggiurkan. Beberapa orang bahkan mengklaim mereka bisa mendapatkan lebih dari sepuluh juta sebulan dari sebuah situs afiliasi di luar negeri.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai situs afiliasi yang populer terbukti menguntungkan. Selain programnya variatif, pembayaran komis untuk para affiliate pun mudah, cepat, dan transparan. Jadi, jika Anda bingung memilih antara Afiliasi Lokal atau Luar Negeri, berikut kami jabarkan kelebihan dan keuntungannya masing-masing.

Mana yang Lebih Baik, Bisnis Afiliasi Lokal atau Luar Negeri?

Bisnis Afiliasi Lokal

Pada bisnis afiliasi lokal, nama-nama pemainnya sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Contohnya saja, Lazada, Bukalapak, Blibli, maupun situs hosting NiagaHoster. Oleh karena itu, jika mayoritas pengunjung website Anda adalah orang lokal, tingkat ketertarikan para pengunjung website Anda untuk mengklik iklan pun tinggi.

Selain itu, sistem pembayaran komisi mudah. Artinya, komisi dapat ditransfer melalui rekening bank saja, tanpa harus menggunakan sistem pembayaran lain. Hal ini tentunya memudahkan karena Anda pastinya sudah familiar dengan sistem ini. Selain itu, biasanya komisi Anda akan dibayarkan setiap 30 hari disertai dengan invoice pada email Anda.

Namun, di Indonesia, komisi yang ditawarkan lebih rendah daripada situs afiliasi di luar negeri. Rata-rata, program afiliasi di Indonesia menerapkan sistem komisi mulai dari 5%. Hanya terdapat beberapa situs akan memberikan Anda komisi yang jauh lebih tinggi.

Bisnis Afiliasi Luar Negeri

Apabila Anda memiliki website atau blog berbahasa Inggris, tentunya sangat cocok bagi Anda untuk memilih bisnis Afiliasi yang berasal dari luar negeri. Misalnya saja Amazon, ShareASale, dan Link Share. Hal ini sesuai dengan karakteristik pengunjung multiregional yang datang ke website Anda.

Komisi yang diberikan dari program afiliasi di luar negeri pun lebih tinggi daripada di dalam negeri. Berbagai situs luar negeri memberikan komisi minimal 8% untuk program Affiliate Marketing mereka. Perbedaannya dengan situs di dalam negeri tentunya cukup jauh.

Namun, kekurangan dari bisnis afiliasi luar negeri adalah sistem pembayaran komisi yang agak rumit, yaitu menggunakan paypal. Bagi kebanyakan orang Indonesia, sistem pembayaran Paypal sendiri masih asing, sehingga Anda harus mempelajari sistem ini terlebih dahulu sebelum mengikuti program afiliasi dari luar negeri.

Cara Mendaftar Program Afiliasi di Zalora.co.id

Menjadi pelaku bisnis Affiliate sangatlah menguntungkan, terutama bagi Anda yang mengikuti Program Afiliasi di situs-situs terpercaya seperti Zalora. Di situs marketplace terkemuka ini, komisi yang diberikan mencapai 12% untuk setiap pelanggan baru dan 5% untuk pelanggan lama. Bahkan, jika Anda sukses menjadi top seller, Anda bisa mendapatkan reward-reward khusus dari Zalora.

Selain diberikan berbagai keuntungan, cara mendaftar Program Afiliasi Zalora pun cukup mudah. Oleh karena itu, jika Anda ingin bergabung menjadi Affiliate, maka Anda dapat mengikuti cara-cara dibawah ini.

Cara Menjadi Partner Program Afiliasi Zalora

Melakukan Pendaftaran

Untuk Afiliasi, Anda dapat mengikuti The Zalora Affiliate Program dengan mendaftar sebagai partner. Nantinya, Zalora akan memberikan komisi kepada Anda setiap sebulan sekali berdasarkan penjualan yang dihasilkan dari iklan Zalora yang muncul di situs Anda.

Pendaftaran sebagai partner sendiri dapat dilakukan melalui situs Performance Horizon. Setelah itu, Zalora akan memberikan pemberitahuan kepada Anda kurang lebih 2 hari kerja, apakah Anda diterima sebagai affiliate atau tidak.

Memahami Perjanjian Kerja

Sebelum Anda menjadi anggota affiliate Zalora, tentunya Anda harus memahami cara kerja Affiliate program yang ditawarkan. Selain itu, Anda pun harus mengetahui isi kontrak perjanjian yang ada di dalam Zalora Affiliate Program Operating Agreement.

Isi perjanjian tersebut diantaranya, Anda harus memastikan bahwa situs tempat Anda beriklan tidak illegal, berbahaya, mengandung konten kekerasan maupun konten seksual. Tak hanya itu, Anda pun tidak diperkenankan membuat halaman website Anda seolah-olah di ‘endorse’ oleh Zalora.

Meminta Bantuan dan Support dari Tim Zalora

Apabila Anda menemui kesulitan dalam proses menjadi affiliate, maka Anda dapat mengajukan pertanyaan ke email affiliate Zalora. Tim Zalora siap menjawab segala pertanyaan personal Anda dengan cepat.

Tak hanya itu, melalui kontak ini, berbagai informasi, ide, dan masukan dari Anda tentang program Affiliate pun akan dikaji. Jika ide dan masukan dari Anda menarik, Zalora akan mengatur suatu pertemuan dengan Anda.

Support dan Bantuan dari Tim Zalora pun akan berlanjut ketika Anda sudah diterima sebagai affiliate. Setiap kebutuhan akan konten yang diinginkan oleh affiliates akan diwujudkan Zalora, baik banner, textlinks, maupun iklan produk dengan keterangan yang lebih spesifik sesuai dengan karakteristik pengunjung website Anda.

Model Bisnis Dropship dan Affiliate, Mana yang Harus Anda Pilih?   

Berbicara tentang bisnis di dunia online tidak akan habisnya. Kemudahan menjadi landasan model bisnis online yang saat ini banyak berkembang. Tak hanya itu, penghasilan yang didapatkan pun sangat besar, tidak kalah dengan bisnis-bisnis tradisional.

Beberapa model bisnis online memiliki karakteristik yang hampir serupa, namun tak sama. Di antaranya adalah model bisnis dropship dan bisnis affiliate. Para pelaku bisnis ini di Internet sudah sangat menjamur, namun kesempatan masih luas karena pasarnya sangat besar. Jadi, jika Anda ingin mencoba salah satu model bisnis ini, maka Anda perlu ketahui terlebih dahulu karakteristik keduanya.

Mengenal Bisnis Dropship dan Affiliate

Dropship

Model bisnis yang satu ini merupakan model bisnis tanpa modal yang mengandalkan kemampuan pemasaran. Cara kerjanya, Anda melakukan penjualan barang meskipun Anda tidak pernah melihat ataupun menyentuh barang tersebut sama sekali. Barang yang Anda jual dimiliki oleh merchant. Sementara, peranan Anda adalah berhubungan dengan customer untuk proses jual beli.

Pada model bisnis ini, keuntungan Anda dapatkan dengan mark up harga awal barang. Untuk perbedaan harganya sendiri, tentunya dilakukan sesuai dengan kesepakatan. Model bisnis ini sangat menguntungkan karena mudah dan minim modal. Namun, Anda tidak punya kontrol atas stok dan kondisi barang, sehingga resiko yang muncul dari penjualan ditanggung oleh Anda.

baca juga

1. Kenali Pentingnya Peran dari SEO Dalam Bisnis Affiliate Marketing

2. 3 Cara Ampuh Menemukan Niche Market yang Cocok dan Sesuai Dalam Affiliate Marketing

baca juga

Program Affiliate Indonesia

Cara Memulai Bisnis Afiliasi

Tips Dan Trik  Cara Memulai Bisnis Afiliasi

Affiliate

Bisnis Affiliate adalah bisnis yang mudah, sederhana, dan tidak perlu berhubungan langsung dengan customer. Anda tidak perlu melakukan pemasaran kesana kemari jika melakukan model bisnis ini. Pada dasarnya, bisnis affiliate ini adalah bisnis untuk merekomendasikan sebuah situs kepada customer. Apabila customer melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Besarnya komisi yang diberikan ditentukan oleh peraturan dari pihak merchant, atau dalam bisnis ini, situs tempat Anda berafiliasi. Biasanya, komisi ini jumlahnya cukup besar. Selain itu, keuntungan lainnya adalah sifat komisi yang berupa passive Income, sehingga Anda bisa menghasilkan uang hanya dengan duduk saja.

Namun, sebelum memulai bisnis affiliate, Anda membutuhkan platform berupa website atau blog yang banyak dikunjungi. Para pengunjung inilah yang akan menjadi calon customer dan memberikan keuntungan untuk Anda.

Author: Situs Referensi

2 thoughts on “Pilih Mana, Bisnis Afiliasi Lokal atau Luar Negeri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *